Rabu, 07 Oktober 2015

Sembunyikan Berkas Atau Folder Di BlankOn (Nautilus)

Jika kalian adalah pengguna sisop (sistem operasi) GNU/Linux, kalian pasti tahu bahwa di dalam direktori "/home/pengguna" terdapat berkas atau folder yang berisi konfigurasi aplikasi dan sistem (termasuk folder .mozilla yang pernah saya terangkan dalam tutorial memasang firefox).

Tapi, kenapa berkas dan folder tersebut tidak ditampilkan di dalam nautilus atau di dalam terminal ketika kita menggunakan perintah "ls"? Jawabannya adalah, karena berkas tersebut secara default diberikan attribusi hidden (tersembunyi) oleh sistem.

Lalu, apakah kita bisa menyembunyikan berkas atau folder yang dibuat oleh kita? Tentu saja bisa!



Untuk cara pertama, lihat dibawah sini:



Secara default, sistem akan menyembunyikan berkas atau folder yang diberikan tanda "dot" di depan nama berkas atau folder tersebut.

Contoh:
 Saya memiliki sebuah folder bernama "rar" yang ingin disembunyikan.

Buka terminal. Kemudian ketikkan perintah:
$ mv rar .rar
Dengan menambahkan "dot" ke depan nama folder atau berkasa, sistem secara otomatis akan menyembunyikan berkas atau folder tersebut.







 Untuk cara kedua, lihat di bawah sini:



Cara kedua ini dijalankan jika kalian memiliki berkas yang penting dan tidak boleh diganti namanya seperti berkas sistem atau aplikasi.

Contoh:

Saya memiliki folder "kdenlive" dan "rosegarden". Folder ini tidak boleh diganti karena milik aplikasi kdenlive dan rosegarden.

Buka terminal. Kemudian buat berkas baru di direktori yang sama dimana berkas atau folder yang ingin kita sembunyikan berada dengan perintah:

$ gedit .hidden

  Kemudian masukkan nama berkas atau folder yang ingin disembunyikan ke dalam berkas .hidden. Untuk lebih jelasnya kalian bisa meliahat gambar di atas. Setelah itu simpan berkas .hidden tersebut. Setelah itu logout.

Setelah login, kedua folder tersebut tidak akan terlihat karena sudah diberi atribut tersembunyi oleh sistem.





Lalu, bagaimana cara untuk melihat berkas atau folder yang tersembunyi tersebut?




Mudah saja, yaitu dengan menghidupkan opsi "Tampilkan Berkas Tersebunyi" dari pengaturan nautilus atau dengan shortcut Ctrl+H.

Atau kalian bisa juga melalui terminal, yaitu dengan perintah "cd". Contoh:
              
                     $ cd /home/***********/.rar




Dengan tutorial yang saya berikan tadi, kalian bisa menyembunyikan berkas atau folder kalian dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tentunya selain dengan cara merubah hak akses-nya.
 






Atau kalian bisa menyembunyikan berkas rahasia kalian, jika kalian tahu maksud saya. hihihi...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar